Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan Catat Pertumbuhan Tertinggi di Kuartal II-2023

Senin, 7 Agustus 2023 – 13:07 WIB

Jakarta – Ekonomi Indonesia kuartal II-2023 tumbuh 5,17 persen secara year-on-year (yoy). Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Moh. Edy Mahmud mengungkapkan, hal itu dapat terlihat dari seluruh lapangan usaha yang tercatat tumbuh positif.

Baca Juga :

Puan Ajak 9 Ketua Delegasi AIPA Komitmen Jaga Stabilitas Kawasan & Kesejahteraan Masyarakat ASEAN

Terutama untuk lapangan usaha utama, antara lain yakni sektor manufaktur, pertanian, perdagangan, pertambangan, dan konstruksi, yang juga tercatat melanjutkan transfer tumbuhan positif.

“Lapangan-lapangan tersebut share-nya sekitar 64,36 persen, dari PDB kita di kuartal II-2023,” kata Edy dalam telekonferensi, Senin, 7 Agustus 2023.

Baca Juga :

BPS: Ekonomi RI Kuartal II-2023 Tumbuh 5,17 Persen

Dia pun merinci, lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi yang pertama adalah di sektor transportasi dan pergudangan, yang tumbuh sebesar 15,28 persen. “Kemudian yang kedua adalah jasa lainnya yang tumbuh sebesar 11,89 persen, serta yang ketiga adalah akomodasi dan makan minum yang tumbuh 9,89 persen,” ujarnya.

Ilustrasi Industri manufaktur.

Ilustrasi Industri manufaktur.

Photo :

  • Dokumentasi PT Grand Kartech Tbk.

Baca Juga :

Tangkis Isu Deindustrialisasi, Sektor Manufaktur Nasional Terus Ekspansi

Edy menambahkan, jika lebih didalami lagi, beberapa sektor atau lapangan usaha di kuartal II-2023, seperti sektor manufaktur, pertumbuhannya lebih ditopang oleh masih kuatnya permintaan domestik maupun global.

“Kami mencatat, manufaktur makanan dan minuman tumbuh sebesar 4,62 persen didorong oleh peningkatan produksi CPO dan CPKO, serta peningkatan konsumsi makanan dan minuman saat lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha,” kata Edy.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *