Kopi dan Es Krim, Apa Itu Affogato?

TEMPO.CO, JakartaKopi bisa diolah menjadi beragam menu, salah satunya affogato. Menu ini biasanya selalu ada di kedai kopi modern. Affogato memadukan kopi dan es krim. Affogato juga tergolong menu kopi untuk dessert.

Apa itu Affogato?

Affogato dari segelas espresso panas yang dituangkan di atas satu sendok es krim, menghasilkan kombinasi sensasi yang creamy dan menyegarkan Dikutip dari WorldCoffe, kata affogato sendiri berasal dari kata kerja Italia affogare, yang berarti tenggelam. 

Jenis kopi affogato yang digunakan adalah espresso yang kental pekat dengan memadukan rasa yang lembut dari dua bahan berbeda. Espresso meresap ke dalam es krim membuat kopi yang menenggelamkan es krim dingin. 

Affogato sering disajikan dengan saus cokelat atau kacang, biji kakao, buah beri segar. Beberapa kedai kopi menyajikan kue kacang padat lainnya di samping kopi affogato. Ada beberapa perdebatan, affogato minuman atau makanan penutup.  Tapi, para penggemar kopi menganggap sebagai kombinasi yang menyenangkan dari keduanya. 

Iklan

Tidak ada keterangan mendetail tentang asal-usul menu affogato. Dikutip dari publikasi  What Is Affogato Coffee? Explained, kopi affogato tradisional disiapkan dengan menambahkan satu sendok es krim vanila ke dalam mangkuk dingin atau gelas kecil. Di Italia, menggunakan gelato al fior atau mirip dengan es krim vanila di kopi. Namun, itu dibuat tanpa kuning telur dan hanya mengandung susu, pati, dan gula.

Pilihan Editor: 5 Waktu Paling Buruk untuk Minum Kopi Menurut Ahli Gizi



Quoted From Many Source

Baca Juga  Laufey Ajak Penggemar Rasakan Indahnya Jatuh Cinta Lewat Lagu Bewitched

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *