Kebiasaan yang Bikin Orang di Zona Biru Berumur Panjang

TEMPO.CO, Jakarta – Seorang penulis dan peneliti yang mempelajari tentang umur panjang di sejumlah negara Zona Biru, Dan Buettner, membeberkan empat kebiasaan yang menyebabkan orang hidup lebih lama. Dilansir dari Times of India, Zona Biru (Blue Zones) adalah proyek Quest Network, Inc, yang mempelajari wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan sehat. 

Ilmuwan mengklasifikasikan tempat-tempat ini berdasarkan kemampuan penduduk hidup lebih lama daripada penduduk lain di dunia. Lima Zona Biru yang telah ditemukan adalah Okinawa (Jepang), Loma Linda (California, AS), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), hingga Sardinia (Italia), di mana warga ditemukan di sebuah desa pegunungan mencapai usia 100 tahun.

Sekecil apapun kebiasaan sehari-hari ternyata berperan sangat besar dalam menentukan kesehatan, kebahagiaan, bahkan jangka waktu hidup, termasuk bagaimana kita memilih untuk menghabiskan pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari. Berikut empat kebiasaan malam orang di Zona Biru yang bikin panjang umur.

Jadwal tidur konsisten
Memiliki jadwal tidur yang konsisten, yang melibatkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, ternyata dapat membantu orang hidup lebih lama.

Tidur semalam penuh
Menurut Zona Biru, jika ingin panjang umur, orang harus tidur sekitar 8-10 jam setiap malam untuk membantu merevitalisasi otak dan tubuh. Cukup tidur akan meningkatkan fungsi otak, kekebalan tubuh, dan tingkat energi.

Iklan

Luangkan waktu bersantai
Meluangkan waktu untuk bersantai dapat memberi pikiran dan tubuh istirahat yang sangat dibutuhkan setelah beraktivitas sepanjang hari. Cara melakukannya bervariasi pada setiap orang dan di setiap Zona Biru.

Orang Ikaria bersantai dengan tidur siang, orang Sardinia pergi ke bar atau kafe, dan orang Okinawa mengambil waktu sejenak untuk menghormati leluhur. Kita dapat mengambil ide itu atau membuat ritual sendiri untuk bersantai di malam hari, berjalan-jalan, membaca buku, atau minum secangkir teh hangat. Habiskan waktu dengan diri sendiri untuk bersantai sehingga tidak membawa stres ke tempat tidur.

Baca Juga  Menko Airlangga Minta Tata Kelola Program Prakerja Terus Dijaga

Jangan ngemil larut malam 
Diet juga berperan kunci dalam mempengaruhi umur panjang. Ketika masuk ke rutinitas malam hari, orang-orang yang tinggal di Zona Biru biasanya makan malam dengan porsi kecil dan menghindari segala jenis ngemil larut malam. Makan dengan penuh perhatian juga meningkatkan hubungan dengan makanan dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Sarapan atau makan siang dalam porsi besar sangat ideal dan menjaga porsi makan malam tetap kecil.

Pilihan Editor: 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Membuat Umur Panjang



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *