Hari Ini 46.920 Pemudik via Kereta Api Tinggalkan Jakarta



Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan, hari ini merupakan puncak kedua, setelah Sabtu (6/4), yang ditutup dengan angka 47.820 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Saat ini tercatat 46.920 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta, dengan 79 perjalanan, yakni dari Stasiun Gambir sebanyak 41 perjalanan, dan Stasiun Pasar Senen 38 perjalanan.



“Berdasar data hari ini 7 April 2024, 46.920 tiket terjual, 19.315 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 26.663 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, dan sisanya dari stasiun lain,” katanya, lewat keterangan tertulis, Minggu sore (7/4).

Ixfan juga menjelaskan, selama masa Lebaran 2024, yakni sejak 31 Maret-21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan 1.688 perjalanan KAJJ, rata-rata 77 perjalanan KAJJ per harinya. Dengan rincian, 40 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

“Dari jumlah perjalanan KAJJ itu telah disediakan 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata per hari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk,” jelas Ixfan.

Sampai saat ini, kata Ixfan, 768.964 tiket telah terjual untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Dari Stasiun Gambir terjual 253.757 tiket, dengan 40 perjalanan KAJJ per hari, sedangkan keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen terjual 515.207 tiket dengan 37 perjalanan KAJJ per hari.

KAI Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan kepada calon penumpang agar memperhatikan syarat-syarat, di antaranya tidak membawa barang bawaan yang berlebih, tidak membawa senjata tajam, obat-obatan terlarang barang, binatang dan makanan yang berbau menyengat/berbau busuk (seperti durian, ikan asin,dll), tidak merokok selama perjalanan di atas kereta, di bordes, maupun di toilet-toilet kereta, serta turun di stasiun sesuai dengan yang tertera di  dalam tiket kereta api.

Baca Juga  Amazon di Ambang Kritis

Dia juga menegaskan, pihaknya akan memberikan sanksi bagi penumpang yang dengan sengaja melebihi relasi, yakni diturunkan di stasiun pemberhentian berikutnya, dan akan diberikan sanksi hingga blacklist sampai waktu tertentu.
 
“KAI juga mengimbau kepada penumpang yang sudah memiliki tiket angkutan Lebaran agar cek kembali jadwal keberangkatan, agar tidak salah naik dan tertinggal kereta api,” pungkasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *